Daerah Ini Akan Dijadikan Uji Coba Pengalihan Subsidi Elpiji

Daerah Ini Akan Dijadikan Uji Coba Pengalihan Subsidi Elpiji
Daerah Ini Akan Dijadikan Uji Coba Pengalihan Subsidi Elpiji

jpnn.com - JAMBI - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan pemerintah memang berencana melakukan pengalihan subsidi elpiji ke subsidi langsung untuk masyarakat miskin dengan kartu khusus. Namun, menurutnya, hal itu baru wacana karena membutuhkan perhitungan tersendiri.

"Ada pemikiran mengubah itu menjadi penjualan subsidi tertutup artinya semua orang yang membeli harus ada kartu. Itu lagi dihitung," ujar JK di sela kunjungan kerja di Jambi, Jakarta, Sabtu (28/3).

Kata JK, Kementerian ESDM baru akan melakukan uji coba pengalihan subsidi elpiji ke subsidi langsung ke masyarakat miskin dan usaha mikro, di Batam, Bali, dan Bangka pada bulan Juni. Nantinya masyarakat miskin akan mendapatkan bantuan non-tunai Rp 45.000/bulan, melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Bila uji coba subsidi langsung elpiji di Batam, Bali, dan Bangka berhasil, maka akan diberlakukan nasional, dan setiap pemegang kartu akan mendapatkan Rp 42.000-Rp 45.000 per bulan.

Menurut JK, wacana itu tidak mudah dilaksanakan. Terutama karena saat ini kebutuhan masyarakat akan elpiji terus meningkat.

"Bisa rumit itu. Apalagi elpiji jadi kebutuhan setiap saat. Sekarang yang penting kan jumlahnya cukup. Dan masyarakat yang mampu harusnya tidak beralih  dari elpiji 12 kg ke 3 kg. Itu salah satu masalahnya," tandas JK.  (flo/jpnn)


JAMBI - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan pemerintah memang berencana melakukan pengalihan subsidi elpiji ke subsidi langsung untuk masyarakat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News