Daftar Nama 12 Dubes Dilantik Jokowi Hari Ini, Jangan Hanya Fokus yang Pertama ya

Daftar Nama 12 Dubes Dilantik Jokowi Hari Ini, Jangan Hanya Fokus yang Pertama ya
Presiden Jokowi melantik 12 dubes luar biasa dan berkuasa penuh untuk sejumlah negara sahabat. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik 12 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (dubes LBBP) untuk sejumlah negara sahabat. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11).

Pengangkatan para dubes LBBP RI ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 139/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh yang dibacakan.

Pada kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Jokowi itu mengambil sumpah bagi para dubes yang dilantik pada hari ini.

“Saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden Jokowi mendiktekan pengucapan kalimat sumpah jabatan kepada para duta besar.

Acara pelantikan tersebut digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para duta besar yang dilantik tersebut sebelumnya juga telah mengikuti pemeriksaan kesehatan yang diperlukan.

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, kemudian diikuti oleh tamu undangan yang terbatas.

Selain itu, turut hadir secara terbatas ialah Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Ada juga Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Panglima TNI sebelumnya Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala BNPB sebelumnya, Ganip Warsito.

Berikut ini daftar nama 12 dubes yang dilantik Presiden Jokowi hari ini di Istana Negara, Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News