Daftar Stimulus Ekonomi Lanjutan Sektor Pariwisata

Daftar Stimulus Ekonomi Lanjutan Sektor Pariwisata
Pemerintah lanjutkan stimulus sektor pariwisata. Foto: Ilustrasi/katalog wisata

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah melanjutkan sejumlah program stimulus untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata dari dampak pandemi Covid-19, di antaranya dana hibah, subsidi bunga, restrukturisasi kredit dan kredit usaha rakyat (KUR) pariwisata.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terdampak dan diperkirakan pulih paling akhir.

"Sehingga diperlukan stimulus atau program khusus agar terdapat perbaikan dan bisa menunjang perekonomian nasional," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (17/2).

Menurut dia, salah satu program yang telah disiapkan pemerintah, adalah hibah pariwisata yang merupakan bagian dari program PEN.

"Pada tahun lalu program ini terserap 70 persen untuk hotel dan restoran," kata Airlangga.

Pada 2020, lanjut dia, dana hibah pariwisata yang merupakan bagian dari program PEN tercatat sebesar Rp3,3 triliun.

Pemerintah juga akan memperluas peserta program Kartu Prakerja pada 2021, bagi para pekerja di sektor pariwisata.

"Validasi data, data yang kredibel dan akurat sangatlah penting untuk mendorong program-program PEN di sektor pariwisata," ujar Airlangga.

Pemeintah lanjutkan sejumlah program stimulus untuk pemulihan sektor pariwisata dari dampak pandemi Covid-19, di antaranya dana hibah, subsidi bunga, restrukturisasi kredit dan kredit usaha rakyat (KUR) pariwisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News