Daging Ayam Berformalin Beredar

Ditemukan di Pasar Kebayoran Lama

Daging Ayam Berformalin Beredar
Daging Ayam Berformalin Beredar
SUKU Dinas Peternakan dan Perikanan pemerintah kota administrasi (Pemkot) Jakarta Selatan, melakukan inspeksi mendadak dan pemeriksaan Laboraturium terhadap ayam potong yang berada di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (3/8) dini hari kemarin. Dari 41 sempel yang diambil, empat daging terbukti mengandung formalin.

Dalam sidak itu, petugas mendatangi setiap penjual ayam potong, lalu mengambil beberapa potong bagian ayam untuk dijadikan sampel penelitian dan uji tes kandungan formalin yang diduga sudah tercampur dengan daging. Setelah dilakukan pemeriksaan dan uji laboraturium, dari 41 sampel daging ayam, empat diantaranya mengandung formalin. Terdiri dari satu usus ayam, dan tiga ayam potong.

Kepala Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan Chaidir Taufik mengatakan, bagi para pedagang yang kedapatan menjual daging ayam potong tidak layak konsumsi hanya diberikan teguran. Namun bila mengulangi perbuatannya yang merugikan konsumen ini. “Petugas akan memprosesnya secara hukum,” ujarnya pada wartawan kemarin.

Kasudin menambahkan, ayam yang sehat yaitu ayam yang berlendir dan cirinya bisa dilihat bila siang ayam tersebut dikerubungi lalat. Berbeda dengan ayam berformalin, kulitnya keset atau tidak berlendir. Dan bila siang ayam potong tersebut tidak dikerubungi lalat.

Rencananya, sidak maupun razia terhadap daging dan ikan di Pasar Tradisional maupun Modern seperti ini, akan terus dilakukan petugas hingga menjelang hari Raya Idul Fitri nanti.

SUKU Dinas Peternakan dan Perikanan pemerintah kota administrasi (Pemkot) Jakarta Selatan, melakukan inspeksi mendadak dan pemeriksaan Laboraturium

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News