Daging Melimpah, Hati-hati Sakit Pencernaan

Daging Melimpah, Hati-hati Sakit Pencernaan
Daging Melimpah, Hati-hati Sakit Pencernaan
SEBENTAR lagi umat muslim di tanah air merayakan hari raya Idul Adha atau lebaran kurban. Pemerintah dan ormas-ormas besar sudah memutuskan jika "lebaran haji" itu jatuh pada 6 November mendatang. Para praktisi kesehatan mengingatkan masyarakat supaya tidak berlebihan menyantap daging kurban. Hati-hati penyakit lambung.

 

Himbauan diantaranya disampaikan oleh Ketua Advokasi Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB. Dia menuturkan, sebagian masyarakat muslim bakal mengkonsumsi daging sapi atau kambing dalam porsi besar dan pada waktu yang berdekatan.

"Kondisi ini bisa menimbulkan penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Desease, Red)," katanya di Jakarta, Selasa (1/11). Penyakit ini menyerang lambung.

 

Dosen di Fakultas Kesehatan UI itu menuturkan, penyakit GERD ini rawan muncul akibat makan lemak yang berlebihan dalam waktu yang singkat. Seperti diketahui, masa penyembelihan hewan kurban selama empat hari. Yaitu pada hari raya idul kurban, hingga H+3 atau dikenal hari tasrek.

 

SEBENTAR lagi umat muslim di tanah air merayakan hari raya Idul Adha atau lebaran kurban. Pemerintah dan ormas-ormas besar sudah memutuskan jika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News