Daging Sapi atau Kambing, Mana yang Kolesterolnya Tinggi?

Daging Sapi atau Kambing, Mana yang Kolesterolnya Tinggi?
Pemeriksaan daging kurban.Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com - Meski kerap dikaitkan dengan kolesterol tinggi, orang tetap saja menggemari hidangan dari daging sapi dan daging kambing. Ya keduanya memang lezat ketika disajikan sebagai gulai, tongseng atau sate.

Jika Anda penggemar hidangan dari kedua jenis daging tersebut, Anda tentu pernah bertanya-tanya, di antara keduanya mana ya yang kolesterolnya tinggi?

Hati-hati kolesterol tinggi
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus tahu dulu apa itu kolesterol. Dijelaskan oleh dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, kolesterol merupakan zat seperti lilin yang ditemukan di dalam lemak darah Anda.

Kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh untuk membangun sel tubuh yang sehat. Namun, bila kadarnya berlebihan, risiko mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah bisa meningkat.

Selanjutnya, kolesterol dibagi menjadi dua, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Mengetahui kadar kolesterol LDL Anda lebih penting daripada sekadar nilai kadar kolesterol total. “Sebab, kolesterol LDL lebih bermakna dalam mengetahui faktor risiko Anda mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah,” tutur dr. Fiona.

Ada dua sumber kolesterol, yaitu dari dalam dan luar tubuh. “Sekitar 70% total kolesterol diproduksi oleh tubuh sendiri. Sisanya, sekitar 30% didapat dari luar tubuh, yakni makanan.”

Jadi, pilih daging sapi atau daging kambing?
Daging sapi dan daging kambing sering dianggap sebagai pemicu kolesterol tinggi. Lantas, manakah yang relatif aman dari kolesterol tinggi?

Menurut dr. Sepriani T. Limbong dari KlikDokter, dalam 3 ons atau sekitar 85 gram daging kambing mengandung 122 kalori; 2,6 gram lemak; dan 64 miligram kolesterol. Sementara itu, dalam jumlah yang sama, daging sapi mengandung 179 kalori; 7,9 gram lemak; dan 73,1 miligram kolesterol.

Jika Anda penggemar hidangan dari kedua jenis daging tersebut, Anda tentu pernah bertanya-tanya, di antara daging kambing dan sapi, mana ya yang kolesterolnya tinggi?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News