Dahlan Desak BUMN Karya dan PLN Percepat Bangun Transmisi di Sumut

Dahlan Desak BUMN Karya dan PLN Percepat Bangun Transmisi di Sumut
Dahlan Desak BUMN Karya dan PLN Percepat Bangun Transmisi di Sumut

jpnn.com - JAKARTA - Krisis listrik di Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya tak kunjung tuntas. Resah dengan hal itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan,  Jumat (7/3),  mengumpulkan direksi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan direksi BUMN Karya.

Kedua perseroan ini diminta Dahlan membangun transmisi listrik yang akan dipasok ke Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya.

"Wilayah Sumatera Selatan itu listriknya cukup, sedangkan utara listriknya mengalami krisis, nah ini bagaimana caranya mengaliri ke sana supaya tidak krisis. Ya harus dibangun transmisi," ujar Dahlan di Kantor PT Pertani, Kalibata, Jakarta.

Sebelumnya, diakui Dahlan, ide membangun infrastruktur kelistrikan sudah direncanakan pemerintah sejak enam tahun  lalu. Namun hingga saat ini tak kunjung tuntas.

"Proyeknya itu sudah ada dari tahun 2008, tapi sampai saat ini belum selesai, saya juga tidak tahu kapan selesainya," aku Dahlan.

Menurut Dahlan rencana pemerintah membangun transmisi di Sumatera sejak tahun 2008 itu masih terkendala masalah perizinan. Pasalnya, infrastruktur transmisi harus melewati hutan-hutan.

"Kita undang direksi PLN dan direksi BUMN Karya untuk mempercepat infrastruktur Sumatera. Krisis ini enggak bisa didiamkan begitu terus," tegas mantan Ketua PWI Surabaya ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - Krisis listrik di Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya tak kunjung tuntas. Resah dengan hal itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News