Dahlan Iskan Dorong BUMN Majukan Prestasi Olahraga

Dahlan Iskan Dorong BUMN Majukan Prestasi Olahraga
Dahlan Iskan Dorong BUMN Majukan Prestasi Olahraga

jpnn.com - JAKARTA - Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengatakan akan mendorong perusahaan plat merah untuk memberikan bantuan kepada para olahragawan Indonesia untuk memajukan dunia olahraga nasional. Dalam waktu dekat ini, bantuan akan diberikan pada olahragawan yang akan bertanding di ajang Sea Games tahun 2013 dan 2015 mendatang. Asian Games 2014 serta Olympic Games 2016.

"Saya memang usul kepada KONI supaya BUMN semangat mendanai. Nah supaya hasilnya keliahatan banyak temen BUMN yang milih sistemnya sponsor. Ini bisa dijual juga sebagai BUMN prestasi. Misalnya nanti kalau atletnya yang didanai menang bisa dipajang. Misalnya mukanya di pajang di Pertamina atau Garuda dan sebagainya," kata Dahlan Iskan saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Menteri BUMN, Menteri Pemuda dan Olahraga, serta Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, di Kementerian BUMN, Rabu (14/8).

Dikatakan Dahlan, bantuan yang diberikan kepada para atlet berupa pembinaan kepada olahragawan, bantuan pendidikan atau pelatihan, peningkatan kesehatan dan pelatih.

MoU ini akan ditindaklanjuti dengan penyerahan daftar nama olahragawan yang ditunjuk KONI. "Nanti dilakukan perjanjian kerjasama antara pihak KONI dengan BUMN. Pihak KONI nanti yang akan memberikan nama-nama atletnya. Jadi BUMN kayak punya anak didik atlet," pungkasnya.

Mengenai berapa besaran biaya yang akan digelontorkan untuk para atlet dan berapa banyak jumlah atlet yang didanai, pihak KONI belum dapat memastikan jumlahnya karena belum didata seluruhnya. Di dalam lampiran undangan setidaknya ada sekitar 23 BUMN yang terlibat mendanai seperti BNI, Bank Mandiri, BRI, BTN, PT Pegadaian, Pertamina, Garuda, KAI, PT AP I, AP II, Perhutani, Pupuk Indonesia, Pelindo II, Telkom dan sebagainya.  

Sementara itu, Menpora Roy Suryo mengatakan bantuan perusahaan BUMN membuat para atlit semakin memiliki kesempatan untuk menorehkan prestasi di pentas internasional. "Saya mengucapkan terimakasih pada Menteri BUMN berserta jajaran Direksi BUMN, dan juga KONI. Alhamdulilah kita akan menjalin kerjasama dan mendapat bantuan dana," terang Roy.(chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengatakan akan mendorong perusahaan plat merah untuk memberikan bantuan kepada para olahragawan Indonesia untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News