Dahlan Iskan : Krisis Tak Perlu Pesimis

Asal Kurs Dolar Stabil

Dahlan Iskan : Krisis Tak Perlu Pesimis
Dahlan Iskan : Krisis Tak Perlu Pesimis
INVESTOR, pelaku bisnis, dan masyarakat tak perlu pesimistis karena krisis. Justru ini harus menjadi momentum untuk bangkit. Sebagai motivasi untuk bisa memperkuat ekonomi dalam negeri.

Chairman Jawa Pos Group Dahlan Iskan mengatakan krisis saat ini berbeda dengan 10 tahun lalu. Karena itu kiat mengatasinya juga harus berbeda. "Saat itu, meski krismon harga komoditas kuat. Jadi krisis membuat sebagian orang tambah miskin dan sebagian lainnya tambah kaya. Kalau sekarang harga komoditas rendah,'' kata Dahlan.

Menurut Dahlan, sekarang kurs dolar AS (USD) sangat fluktuatif. Padahal untuk bisa berdagang dibutuhkan kurs yang stabil. ''Bagi saya kurs dolar berapa saja, misalnya Rp 15 ribu sekalipun, nggak apa-apa. Yang penting stabil, agar kita bisa berdagang,'' katanya.

Indonesia, kata Dahlan, lebih beruntung daripada India dan Thailand. Pun dibanding Malaysia dan Singapura yang juga sama-sama sedang berjuang melepaskan diri dari krisis keuangan. "Bahkan Tiongkok, salah satu raksasa ekonomi dunia, belum melewati apa yang kita lewati. Memang mereka sudah mempersiapkan agar tidak crash landing saat berubah menjadi negara demokrasi," katanya.

INVESTOR, pelaku bisnis, dan masyarakat tak perlu pesimistis karena krisis. Justru ini harus menjadi momentum untuk bangkit. Sebagai motivasi untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News