Dahlan Pastikan BUMN Segera Produksi Kedelai

Dahlan Pastikan BUMN Segera Produksi Kedelai
Dahlan Pastikan BUMN Segera Produksi Kedelai
JAKARTA - Peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendukung ketahanan pangan nasional akan makin besar. Saat ini, perusahaan pelat merah tengah bersiap untuk ekspansi di empat komoditas pangan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengakui, kapasitas BUMN memang terbatas untuk langsung berperan dalam produksi semua bahan pangan. Tahun ini, BUMN masih fokus pada komoditas beras, gula, dan sapi. "Nah, tahun depan baru bisa bantu produksi kedelai, sorgum, jagung, dan sagu," ujarnya, Rabu (25/7).

Pernyataan Dahlan tersebut merupakan respons atas lonjakan harga kedelai serta masih tingginya impor kedelai untuk memenuhi kebutuhan di Indonesia. Bahkan, sampai ada pemogokan pengrajin tahu tempe sebagai protes atas tingginya harga kedelai.

Namun demikian, untuk saat ini BUMN belum bisa menjadi solusi atas mahalnya komoditas kedelai. Tapi, Dahlan yakin pemerintah akan mencari solusi untuk mengatasinya. "Saya tidak bisa terlalu masuk (terkait kedelai), karena sudah ada yang mengurusnya (Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, Red)," katanya.

JAKARTA - Peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendukung ketahanan pangan nasional akan makin besar. Saat ini, perusahaan pelat merah tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News