Dahlan Setuju Rencana Pembangunan Kereta Cepat

Dahlan Setuju Rencana Pembangunan Kereta Cepat
Dahlan Setuju Rencana Pembangunan Kereta Cepat

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian berencana membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya. Namun hingga kini pembangunan kereta cepat itu terkendala masalah dana.

Bahkan, Direksi PT Kereta Api Indonesia (KAI) menolak rencana pemerintah untuk membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya. Menurutnya, selain memakan biaya yang tidak sedikit, pembangunan kereta cepat belum diperlukan.

Lalu apa tanggapan Menteri BUMN Dahlan Iskan? Mantan Dirut PLN ini menyatakan setuju dengan pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya, asalkan tidak menggunakan anggaran PT KAI.

"Kalau nanti KAI yang ditunjuk bangun silahkan, asal uangnya enggak dari KAI. Karena KAI enggak cukup uangnya," ujar Dahlan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/7).

Lain halnya bila dana tersebut didapat dan dikerjakan oleh pihak swasta. Maka direksi KAI harus menyetujuinya.

"Kalau yang mengerjakan swasta misalnya, ada uang-uang swasta yang  tidak mengganggu uang negara. Kalau itu tidak ada alasan untuk tidak setuju," terang mantan Ketua PWI Surabaya ini.

Kereta cepat Jakarta-Surabaya diperkirakan dapat memangkas waktu perjalanan secara signifikan. Kereta cepat ini memiliki kecepatan 300 km per jam dengan waktu tempuh 2,5 jam yang biasanya bisa memakan waktu seharian penuh. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian berencana membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya. Namun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News