Dahlan Tantang Pemda Bangun Pembangkit Listrik

Dahlan Tantang Pemda Bangun Pembangkit Listrik
Dirut PT PLN Dahlan Iskan. Foto : Wijaya Satria/Batam Pos/JPNN
BATAM - Direktur Utama PT PLN, Dahlan Iskan, menantang pemerintah daerah untuk berani membangun pembangkit listrik. Meski demikian Dahlan wanti-wanti, jika memang ada Pemda yang mau, maka sebaiknya 100 persen saham kepemilikan pembangkit harus benar-benar milik Pemda.

Saat tampil sebagai  pembicara pada Rembuk Kelistrikan Nasional Menuju Indonesia Terang yang digelar Institut Lembang Sembilan (L9) bekerja sama dengan PT PLN di Hotel Nagoya Plasa, Batam, Sabtu (3/7), Dahlan menyatakan, terkadang karena mengatasnamakan perusahaan milik daerah, lantas minta harga gas yang subsidi. "Padahal setelah setelah dapat (gas), ternyata saham Pemda di pembangkit itu kecil sekali," ujar Dahlan seperti dikutip Batam Pos (grup JPNN).

Dahlan menambahkan, selama ini ada kecenderungan BUMD justru dimanfaatkan pihak lain. "Jadi Perusda itu ditunggangi saja. Rata-rata daerah hanya dapat lima persen. Ini namanya ekonomi percaloan. Ini tak boleh terjadi," kata Dahlan.

Lebih lanjut Dahlan menegaskan, dirinya sangat yakin bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh pesat jika infrastruktur listrik sudah bagus. Sebaliknya, ia pesimis jika kenaikan tarif dasar listrik (TDL) justru membuat perekonomian Indonesia turun.

BATAM - Direktur Utama PT PLN, Dahlan Iskan, menantang pemerintah daerah untuk berani membangun pembangkit listrik. Meski demikian Dahlan wanti-wanti,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News