Dahsyatnya Badai Jebi, Tanker 2.591 Ton Sampai Terseret

Dahsyatnya Badai Jebi, Tanker 2.591 Ton Sampai Terseret
Badai Jebi menghantam Jepang. Foto: AP

jpnn.com, TOKYO - Jepang siaga. Badai Jebi menyapu Pulau Shikoku kemarin siang, Selasa (4/9). Angin kencang tersebut lantas bergerak ke Pulau Honshu. Lebih dari satu juta penduduk terpaksa dievakuasi. Menurut NHK, enam penduduk tewas dan 90 lainnya luka-luka gara-gara Jebi. Sangat mungkin jumlah korban bakal bertambah.

''Segera ambil langkah untuk melindungi diri Anda,'' ujar Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe sebagaimana dilansir BBC.

Dia juga mengimbau warga siap-siap meninggalkan tempat tinggal mereka untuk menuju ke lokasi yang lebih aman. Kemarin, setelah Jebi menghantam Osaka Bay, Abe menggelar rapat darurat dengan kabinetnya.

Jebi merupakan badai terbesar yang melanda Jepang dalam waktu 25 tahun terakhir. Kecepatan angin mencapai 216 kilometer per jam saat badai kali pertama menyapa Osaka Bay. Saking dahsyatnya kekuatan badai, tanker seberat 2.591 ton di Osaka Bay terseret. Kapal tersebut sampai menabrak jembatan.

Untung tidak ada kru di dalam kapal tangki itu. Tetapi, jembatan yang tertabrak rusak parah. Akibatnya, infrastruktur yang menghubungkan bandara dengan pulau utama Shikoku tersebut ditutup. (sha/c4/hep)


Jepang siaga. Badai Jebi menyapu Pulau Shikoku kemarin siang, Selasa (4/9). Angin kencang tersebut lantas bergerak ke Pulau Honshu.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News