Dalami Suap Innospec, KPK Gandeng SFO

Dalami Suap Innospec, KPK Gandeng SFO
Dalami Suap Innospec, KPK Gandeng SFO
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami dugaan suap kepada para pejabat di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Pertamina dari perusahaan minyak asal Inggris, Innospec Inc. Setelah meningkatkan kasus tersebut ke tahap penyelidikan, kini KPK juga akan menggandeng badan anti korupsi Inggris, Serious Fraud Office (SFO) untuk mendapatkan data tentang kasus Innospec.

Juru bicara KPK, Johan Budi, di KPK, Rabu (19/5), mengungkapkan bahwa KPK akan mejalin kerjasama dengan SFO. Rencananya, KPK dan SFO akan menandatangani memorandum of understanding (nota kesepahaman) pada 7 Juni mendatang di London, Inggris.

Menurut Johan, sebenarnya isi MoU yang akan ditandatangani itu bersifat umum. "MoU lebih banyak memuat tentang kerjasama dalam pengembangan sumber daya manusia dan kerjasama dalam pemberantasan korupsi," ujar Johan.

Namun demikian, lanjut Johan, MoU itu juga bisa digunakan KPK untuk mendalami kasus suap Innospec. "Meski di MoU tidak ada kata Innospec, tapi MoU ini bisa dipakai juga oleh KPK untuk menggali informasi kasus Innospec," lanjutnya.

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami dugaan suap kepada para pejabat di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News