Dalang 5 Benua Ki Anom Suroto Kuatkan Visi-Misi Kebudayaan AMIN

Dalang 5 Benua Ki Anom Suroto Kuatkan Visi-Misi Kebudayaan AMIN
Pasangan capres-cawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengumumkan Timnas Pemenangan AMIN di Jakarta, Selasa (14/11/2023). Timnas Pemenangan AMIN dipimpin oleh Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus. Foto: supplied for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Budayawan sekaligus dalang senior, Ki KRT H Lebdo Nagoro Anom Suroto atau Ki Anom Suroto memperkaya keberagaman skuad Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN).

Namanya sudah dikenal luas sebagai dalang wayang kulit purwa sejak 1975.

Masuknya budayawan dan seniman tradisional dalam Timnas AMIN tak lepas dari kedekatan capres Anies Baswedan dengan dunia kebudayaan.

Bahkan, sejak 2015, Anies tercatat sebagai pembina Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara (KPSBN).

Anies bertemu dengan Ki Anom Suroto pada awal Februari 2023. Dia akhirnya bisa menyaksikan langsung Ki Anom Suroto beraksi dalam pagelaran wayang kulit dengan lakon 'Parikesit Jumeneng Ratu' yang digelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Agustus lalu.

Ki Anom Suroto belajar ilmu pedalangan sejak umur 12 tahun dari ayahnya sendiri, Ki Sadiyun Harjadarsana.

Kemudian secara langsung dan tak langsung, Ki Anom Suroto juga banyak belajar dari Ki Nartosabdo dan beberapa dalang senior lainnya.

Dalang laris itu juga pernah belajar di kursus pedalangan yang diselenggarakan Himpunan Budaya Surakarta (HBS).

Budayawan sekaligus dalang senior, Ki KRT H Lebdo Nagoro Anom Suroto atau Ki Anom Suroto memperkaya keberagaman skuad Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News