Dampak Kabut Asap Hari Ini, 22 Penerbangan Tertunda, 33 Batal

Dampak Kabut Asap Hari Ini, 22 Penerbangan Tertunda, 33 Batal
Penumpang Bandara Supadio Pontianak. Foto: Dedi/Antara

jpnn.com, KUBU RAYA - Kabut asap telah berdampak serius bagi kesehatan dan sektor penerbangan. Tercatat sebanyak 55 penerbangan di Bandara Internasional Supadio di Kubu Raya, Kalimantan Barat, kembali terganggu karena kabut asap pada Senin (16/9), sejak penerbangan pertama hingga pukul 16.00 WIB.

"Hari ini penerbangan untuk keberangkatan dan kedatangan kembali terganggu kabut asap pekat yang menyebabkan jarak pandang aman untuk penerbangan di bawah batas minimal. Ada 55 penerbangan yang terdampak baik tertunda maupun batal," ujar Plt Kadiv Operasional Bandara Internasional Supadio Andry Felanie di Kubu Raya, Senin.

Andry merincikan bahwa sebanyak 22 penerbangan berstatus tertunda sejak jadwal penerbangan pertama hingga pukul 16.00 WIB. "Untuk yang tertunda keberangkatan ada 10 penerbangan dan yang datang ada 12 penerbangan," papar dia.

Sebanyak 33 penerbangan berstatus batal. "Terdampak hari ini lebih luas dibandingkan kemarin," kata dia.

Sementara itu kata dia sejak pagi, hanya ada 6 penerbangan yang berhasil berangkat, sedangkan untuk kedatangan tidak ada.

"Lima penerbangan untuk keberangkatan pada pagi hari di bawah pukul 07.00 WIB dan pada pukul 14.30 WIB. Di luar itu tidak ada aktivitas penerbangan," sebutnya.

Dikatakan dia jarak pandang pada saat tidak ada aktivitas penerbangan sekitar pukul 09. 24 WIB hanya 150 meter - 200 meter saja.

"Namun di atas pukul 16.00 WIB sudah mulai baik yakni sekitar 900 meter. Untuk batas aman penerbangan untuk keberangkatan 800 meter sudah bisa. Sedangkan batas aman untuk pendaratan minimal 1.000 meter," kata dia.

Hari ini jadwal penerbangan di Bandara Supadio untuk keberangkatan dan kedatangan kembali terganggu kabut asap pekat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News