Dampak Karhutla, Gunung Merbabu Ditutup saat Malam Tahun Baru

Dampak Karhutla, Gunung Merbabu Ditutup saat Malam Tahun Baru
Gunung Merbabu yang terlihat dari Desa Jrakah Kecamatan Selo, di Kabupaten Boyolali. Foto: ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

jpnn.com, BOYOLALI - Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) untuk sementara menutup untuk umum jalur pendakian ke puncak Gunung Merbabu pada malam pergantian tahun 2020, karena dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi beberapa bulan lalu.

"Jalur pendakian Merbabu untuk malam Tahun Baru 2020 masih ditutup untuk umum," kata Kepala Tata Usaha (TU) BNTGMb Johan Setyawan, di Boyolali, Sabtu (28/12).

Johan mengatakan, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan Merbabu telah menghanguskan sekitar 650-an hektare lahan dari lahan seluas sekitar 5.800-an hektare.

Kebakaran lahan di kawasan zona tradisional yang berbatasan dengan kawasan desa, zona rehabilitasi, zona rimba, dan zona inti.

Kejadian tersebut, kata dia, berdampak kondisi jalur pendakian rusak. Bahkan, memasuki musim hujan saat ini menyebabkan tanah menjadi lembek sehingga jika diinjak akan menambah kerusakan jalur pendakian Gunung Merbabu.

Bahkan, peristiwa kebakaran zona inti atau di kawasan puncak Merbabu kondisinya yang paling parah. Jika dilihat dari citra satelit kelihatan berbentuk seperti topi bundar dengan warna hitam bekas terbakar.

"Karena di kawasan itu sedang dilakukan rehabilitasi sehingga seluruh jalur pendakian ditutup hingga waktu yang belum ditentukan," katanya.

Menurut dia, ada lima jalur pendakian Gunung Merbabu yang ditutup di jalur Selo di Dukuh Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Boyolali, jalur Cunthel di Dukuh Cunthel, Kopeng, Kecamatan Getasan, jalur Thekelan di Dukuh Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup jalur pendakian ke puncak Gunung Merbabu pada malam pergantian tahun 2020, karena dampak kebakaran hutan dan lahan yang terjadi beberapa bulan lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News