Dampak Krisis Ekonomi ke Anak-Anak

Dampak Krisis Ekonomi ke Anak-Anak
Dampak Krisis Ekonomi ke Anak-Anak
JAKARTA--Setiap negara yang mengalami krisis ekonomi harus lebih mewaspadai dampak pra dan pasca krisis. Niloufar Pourzand dari Unicef, mengatakan bahwa krisis ekonomi selalu berdampak langsung terhadap anak-anak. Organisasi PBB yang concern terhadap perlindungan anak-anak didunia itu mengatakan, pada krisis ekonomi tahun 1997-1998, dampaknya terhadap tingkat tenaga kerja anak-anak di Indonesia lebih serius dibandingkan Thailand dan Kamboja.

''Ada peningkatan pekerja anak-anak, dampak dari sekitar 25 juta tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan. Krisis di Indonesia lebih serius dibandingkan Thailand dan Kamboja. Fluktuasi harga makanan, juga berdampak pada anak-anak,'' kata Niloufar dalam National Workshop, The Global Financial Crisis and Vulnerabilities - Impact, Response, Next Step, Selasa (23/3) di Gedung Bappenas, Jakarta.

Niloufar tidak menyebutkan angka pasti, namun menjabarkan bahwa peningkatan tenaga kerja anak terdeteksi, karena terjadi peningkatan kemiskinan 30 persen, pengaruh dari belanja makanan.

''Gizi anak-anak tidak lagi terpenuhi karena orangtua mengurangi konsumsi. Selain itu, pendidikan tidak lagi terlalu difikirkan. Karena itulah, pemerintah sudah seharusnya melakukan kebijakan respon. Unicef secara keseluruhan melakukan monitoring, lakukan studi dampak krisis global,'' katanya.

JAKARTA--Setiap negara yang mengalami krisis ekonomi harus lebih mewaspadai dampak pra dan pasca krisis. Niloufar Pourzand dari Unicef, mengatakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News