Dana Bergulir Segera Cair

Dana Bergulir Segera Cair
Dana Bergulir Segera Cair

jpnn.com - JAKARTA—Dana bergulir sebesar Rp 428 miliar yang sampai sekarang masih tertahan, tak lama lagi akan disalurkan. Menyusul dengan adanya konsep baru yang akan diterapkan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM). 

"Sudah ada titik terangnya. Yang pasti dananya bisa dicairkan dan aman," ungkap Menkop UKM Suryadharma Ali kepada pers, di Jakarta, Selasa (26/8).

Seperti diketahui Kemenkop UKM menghentikan sementara penyaluran dana bergulir pada 2.300 koperasi setelah Depkeu memasukkannya sebagai belanja modal. Akibat dari ketentuan tersebut, semua dana bergulir yang disalurkan harus kembali lagi ke pemerintah dalam jumlah yang sama seperti yang disalurkan.

Menurut Menkop, konsep yang saat ini sedang dibahas juga akan melibatkan bank pelaksana dan polanya hampir mirip dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Namun mengenai detil konsep ini, dia enggan membeberkannya.

 "Kalau cara ini bisa dilakukan mudah-mudahan tahun ini sudah dapat diimplementasikan. Jika tidak, kita sudah ada konsep untuk tahun 2009," ujarnya sembari menambahkan dalam konsep baru, dana bergulir itu dianggap sebagai dana pinjaman dan tidak akan digulirkan lagi. Iu sebabnya nama program penyaluran dananya juga akan berubah. Sedangkan total dana bergulir Kemenkop UKM sejak 2000 hingga 2007 mencapai Rp 3,5 triliun untuk sekitar 16.903 koperasi. (esy)

 


Berita Selanjutnya:
Kurang Cermat, BLT Tersendat

JAKARTA—Dana bergulir sebesar Rp 428 miliar yang sampai sekarang masih tertahan, tak lama lagi akan disalurkan. Menyusul dengan adanya konsep


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News