Dana BOS di Daerah Juga Diusut

Dana BOS di Daerah Juga Diusut
Dana BOS di Daerah Juga Diusut
TIMIKA- Seiring dengan langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), aparat hukum di daerah juga melakukan hal yang sama di daerahnya. Contohnya di Mimika, Papua. Hingga kini Polres Mimika masih melakukan penyidikan intensif terhadap kasus dugaan penyalahgunaan dan penyelewengan dana BOS, dengan dua tersangka BR dan LH dan satu tersangka lainnya.

Untuk melimpahkannya ke Kejaksaan Negeri Timika, polisi menyurati Deputi Badan Pemeriksa Keuangan Propinsi (BPKP) di Jayapura, juga bekerjasama dengan Laboratorium Polda Makassar.

"Tujuan dikirimnya surat ke Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Propinsi Papua, untuk mengaudit semua kerugian negara  akibat ulah tersangka. Sedangkan untuk Laboratories di Makassar guna mengindentivikasi tanda-tangan yang dilakukan tersangka palsu atau tidak,” terang Kapolres Mimika AKBP Moch. Sagi, SH melalui Kasat Reskrim Aries Z. Sirait, kemarin (4/10) menjelaskan. Kata AKP Arie saat ini pihaknya masih menunggu hasil surat tersebut.

Untuk kasus di Kemdiknas, Juru Bicara KPK Johan Budi kemarin menjelaskan, pengusutan dugaan korupsi dana BOS di Kemdinkas dilakukan, antara lain dengan mengirim tim penyelidik ke sejumlah daerah, misalnya ke Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulut. Tim dikirim ke daerah untuk mencari data dan mengkonfirmasi dana BOS yang disalurkan ke daerah.

TIMIKA- Seiring dengan langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kementrian Pendidikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News