Dana Kunjungan Paus Dipertanyakan Parlemen

Dana Kunjungan Paus Dipertanyakan Parlemen
Dana Kunjungan Paus Dipertanyakan Parlemen
LONDON - Kunjungan Paus Benediktus XVI ke Inggris beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Sejumlah legislator parlemen Inggris Raya mendesak pemerintah mengklarifikasi penggunaan dana bantuan asing untuk membiayai kunjungan tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Inggris memperkirakan anggaran yang dialokasikan untuk kunjungan empat hari Paus mencapai GBP 10 juta (Rp 146 miliar), di luar biaya pengamanan. Sejumlah pejabat menyatakan, perhitungan sebenarnya akan lebih kecil dari angka tersebut dan itu dilaporkan ke parlemen pekan depan.

"Menteri terkait harus menjelaskan dengan gamblang untuk apa dana tersebut dan dampaknya terkait komitmen dengan bantuan luar negeri"? kata Malcom Bruce, ketua komisi pembangunan internasional di parlemen Inggris. Menurut dia, fakta tentang penggunaan dana itu bisa mengejutkan para legislator dan wajib pajak.

Rincian pengeluaran dana bantuan tersebut terungkap dari penelusuran komisi pembangunan luar negeri parlemen Inggris terhadap anggaran Departemen Pembangunan Internasional. Bruce menambahkan, anggota dewan dan wajib pajak ingin mengetahui penggunaan dana bantuan itu untuk membiayai kunjungan Paus Benediktus pada September 2010. "Apakah kebijakan tersebut tidak melanggar aturan penggunaan dana bantuan internasional"? ujarnya.

LONDON - Kunjungan Paus Benediktus XVI ke Inggris beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Sejumlah legislator parlemen Inggris Raya mendesak pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News