Danau Toba, Jangan Lupa Gaet Wisatawan Keluarga

Danau Toba, Jangan Lupa Gaet Wisatawan Keluarga
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN

jpnn.com - BOLEH saja memimpikan Danau Toba sebagai destinasi wisata level dunia, menggaet bule-bule datang menghamburkan dollar. Namun, tak bisa disepelekan potensi besar rupiah dari kantong wisatawan domestik. Kuncinya,  perbanyak wahana permainan anak-anak.

Seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, setiap akhir pekan rata-rata 35 ribu pengunjung wisatawan domestik, yang mayoritas datang sekeluarga, memanjakan anak-anak menikmati sejumlah permainan. Mulai kereta gantung (skylift), Istana Anak-anak berupa bangunan mirip istana di dongeng Cinderella, Keong Mas, dan juga Snowbay Waterpark, yang memberikan sensasi petualangan air bagi anak-anak.

“Memang di sini banyak permainan anak-anak yang sangat diminati pengunjung, sepeda air, itu juga sangat diminati,” ujar Kepala Seksi Humas dan Informasi TMII Acep Sumarna kepada JPNN kemarin (21/1).

Dengan rata-rata pengunjung 35 ribu setiap Sabtu dan Minggu, maka dalam satu hari saja, TMMI yang berisi 33 anjungan dari seluruh provinsi di Indonesia itu, mampu meraup Rp 350 juta. Ini dari tiket masuk saja, yang per kepala Rp 10 ribu. Untuk masuk ke setiap wahana permainan, tiketnya lain lagi.

“Di hari-hari tertentu, long weekend, libur panjang, Natal dan Tahun Baru, pengunjung sehari bisa mencapai 50 ribu,” ujar Acep.

Pengembangan Danau Toba, tampaknya, perlu belajar dari beberapa tempat wisata, seperti TMII itu. Sempat ada kabar, investor asal Austria berhasrat membangun sarana kereta gantung di kawasan Danau Toba. Namun, hingga saat ini belum terdengar kabar lanjutan.

Jika itu terealisasi, Danau Toba bakal menjadi destinasi wisata keluarga juga yang menarik kalangan domestik.

"Kereta gantung merupakan salah satu favorit pengunjung Taman Mini. Animo pengunjung sangat tinggi. Kalau sudah masuk Taman Mini, biasanya naik kereta gantung. Kereta gantung menjadi salah satu ikon kami, selain Keong Emas," ujar Kepala Humas TMII Jerry Lahama.

BOLEH saja memimpikan Danau Toba sebagai destinasi wisata level dunia, menggaet bule-bule datang menghamburkan dollar. Namun, tak bisa disepelekan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News