Danone-Aqua Pertegas Komitmen Pengurangan Emisi Karbon di Klaten

Danone-Aqua Pertegas Komitmen Pengurangan Emisi Karbon di Klaten
Direktur Sustainability Development Danone Indonesia Karyanto Wibowo. Foto: Humas Danone

jpnn.com, KLATEN - Danone-Aqua mempertegas komitmen pengurangan emisi karbon dan pelestarian lingkungan di pabrik Klaten, Jawa Tengah.

Sebagai implementasi komitmen tersebut, Danone-Aqua menerapkan prinsip Blue Operations di Pabrik Klaten berfokus pada lima area, yaitu #BijakBerplastik, Efisiensi Air, Efisiensi Energi, Blue In (edukasi keberlanjutan pada karyawan), dan Blue Out (edukasi keberlanjutan pada masyarakat sekitar).

Direktur Sustainability Development Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan, pabrik Danone-Aqua Klaten merupakan salah satu bentuk perwujudan operasional perusahaan yang berorientasi pada keberlanjutan lingkungan dan memberikan dampak sosial yang positif secara luas.

"Hal ini sejalan dengan strategi keberlanjutan perusahaan, Danone Impact Journey yang berfokus pada tiga pilar utama, yaitu kesehatan, lingkungan, serta masyarakat dan komunitas dalam menjalankan berbagai upaya keberlanjutan," ujar Karyanto, dalam keterangannya, Rabu (12/7).

Salah satu komitmen menjaga kelestarian lingkungan diwujudkan melalui upaya-upaya pengurangan emisi karbon dengan memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap.

PLTS Atap ini telah beroperasi sejak Februari 2020, dengan kapasitas sistem sebesar 2.912 kilowatt peak (KWp), yang menghasilkan listrik sebesar 4 Gigawatt hours (GWh) per tahun dan berkontribusi mengurangi emisi karbon sebesar 3.340 ton karbon dioksida (CO2) per tahun.

Pabrik di Klaten juga turut menjaga dan melestarikan Taman Keanekaragaman Hayati (KEHATI) Aqua yang merupakan area perlindungan bagi keanekaragaman hayati alami.

Luas area taman KEHATI Aqua Klaten ini meliputi 4,6 hektar, dan memiliki lebih dari 200 spesies tanaman yang jumlah populasinya mencapai lebih dari 1.000 tanaman.

Danone-AQUA mempertegas komitmen pengurangan emisi karbon dan pelestarian lingkungan di pabrik Klaten, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News