Danone Indonesia Dampingi UMKM Lokal Bertransformasi di Tahun 2022

Danone Indonesia Dampingi UMKM Lokal Bertransformasi di Tahun 2022
Webinar Damping UMKM yang digagas Danone Indonesia. Foto: Dok. Danone Indonesia

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Mengawali program pendampingan batch 1 tahun 2022 pada Program Damping, Danone Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) bersama Kampus Bisnis Umar Usman mengumpulkan para pegiat UMKM dari seluruh Indonesia.

Tak kurang dari 250 pelaku UMKM turut hadir pada acara webinar baru-baru ini yang bertajuk “Optimasi Bisnis UMKM: Strategi Menuju Transformasi 2022”.

Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan bahwa Danone Indonesia saat ini melibatkan lebih dari dua juta UMKM lokal melalui kegiatan dalam rantai bisnisnya, seperti bekerja sama dengan petani susu segar di Yogyakarta untuk supply bahan baku susu, melibatkan sektor informal untuk pengumpulan bahan baku plastik untuk di daur ulang, serta pemberdayaan ibu rumah tangga melalui AQUA Home Services untuk pendistribusian produk AQUA.

"Sudah saatnya UMKM Indonesia melakukan transformasi bisnis, agar tetap bisa bertahan dan makin berkembang. Maka, komitmen pendampingan UMKM pada tahun 2022 akan terus kami berikan dengan program yang dirancang atas dasar masukan para pihak terkait, di antaranya para alumni, coach, pemerintah dan juga praktisi," kata dia.

"Sebagai perusahaan yang tumbuh dan berkembang di Indonesia dan telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia, kami merasa terdorong untuk berkontribusi secara maksimal untuk mendukung perkembangan UMKM Lokal di Indonesia, terutama pada situasi seperti saat ini," ujar Karyanto.

Webinar Damping UMKM ini menghadirkan Ketua Komunitas OK Oce Iim Rusyamsi.

Dia mengatakan upaya OK Oce dalam mendukung UMKM di masa pandemi, di antaranya melalui kurikulum 7 TOP (Tahap Ok-Oce Menuju Prima), yaitu pendaftaran, pelatihan offline dan online, pendampingan, perizinan, pemasaran, pencatatan keuangan, dan akses permodalan.

“Pentingnya UMKM beradaptasi, menangkap peluang yang ada untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Mari UMKM lebih rajin lagi ikut pelatihan kewirausahaan seperti Damping Indonesia ini agar siap menghadapi berbagai perubahan yang akan terjadi agar menjadi sumber daya yang lebih unggul di masa new normal,” kata Iim.

Danone Indonesia saat ini melibatkan lebih dari dua juta UMKM lokal melalui kegiatan dalam rantai bisnisnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News