Dari 8 Caketum Golkar, Papa Novanto Punya Beban Paling Berat

Dari 8 Caketum Golkar, Papa Novanto Punya Beban Paling Berat
Setya Novanto. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, ketua umum Partai Golkar ke depan harus yang paling sedikit beban moralnya.

Selain itu, pimpinan tertinggi Golkar juga harus kader terbaik yang punya integritas serta kapasitas yang mumpuni.

Dari delapan nama caketum yang sudah resmi ditetapkan panitia, lanjut Pangi, Setya Novanto (Setnov) dinilai sebagai kandidat dengan beban moral paling tinggi. Itu karena skandal Papa Minta Saham yang pernah membuatnya mundur dari jabatan ketua DPR.

"Setnov punya beban moral cukup berat," kata Pangi saat dihubungi, Senin (9/5).

Bila Ketua Fraksi Golkar DPR itu menjadi ketua umum partai beringin, Pangi menilai beban yang dipikulnya cukup berat. selain itu, integritas, prestasi, loyalitas dan dedikasinya juga dipertanyakan.

"Setnov dengan mulus bisa terpilih jadi Golkar 1 kalau saja DPD I dan II dengan mudah memaafkan Setnov. Saya kira DPD I dan II belum tentu mudah memaafkan semua beban moral Setnov," ujarnya.

Namun dia menambahkan, tidak mudah membaca akhir cerita Munaslub Golkar. Sebab, banyak faktor dan instrumen yang bermain di sana. "Selain soal amunisi, fakfor dukungan pemerintah juga instrumen politik yang nggak bisa diabaikan, pemerintah lebih suka memilih siapa," tambahnya. (fat/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News