Dari Amerika, Jokowi Langsung ke Daerah Terdampak Asap

Dari Amerika, Jokowi Langsung ke Daerah Terdampak Asap
Presiden Joko Widodo. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi serta delegasi akhirnya menyelesaikan kunjungan kehormatan di Amerika Serikat. Rombongan lepas landas dari bandara Andrew Airforce Base, Maryland Amerika Serikat menuju Tanah Air pada Selasa (27/10) pukul 18:00 waktu setempat.

Rencananya, setiba di Indonesia, Jokowi akan langsung mengunjungi  daerah terdampak kabut asap.

“Kunjungan ke daerah terdampak sangat ditentukan kondisi jarak pandang, yang memungkinkan pesawat Kepresidenan bisa mendarat,” ujar anggota tim komunikasi presiden, Ari Dwipayana dalam siaran pers pada wartawan, Selasa.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa rombongan akan kembali ke
Tanah Air melalui Amsterdam dan Abu Dhabi dengan menempuh perjalanan 24 jam. Rombongan diperkirakan akan tiba di Indonesia pada Kamis, 29 Oktober 2015.

Menurut Ari, kunjungan Jokowi ke wilayah yang terkena kabut asap untuk m‎emastikan langkah-langkah pemadaman kebakaran lahan dan hutan serta penanganan  korban dampak kabut asap.

“Terutama untuk memastikan pelayanan kesehatan, berjalan dengan baik," imbuh Ari.

Sebelumnya, Senin pagi, 26 Oktober 2015 pukul 10.35 waktu setempat, Jokowi memutuskan mempercepat lawatannya di Amerika Serikat untuk segera kembali ke Tanah Air. Keputusan ini diambil setelah ia mendengar laporan tentang kondisi kesehatan dan dampak sosial yang dialami warga masyarakat di daerah yang terkena kabut asap.

Pada Selasa (27/10) kemarin, sebanyak 1.000 prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Satgas Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan diberangkat menuju Provinsi Riau. Upacara pemberangkatan dipimpin Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Fransen G. Siahaan mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Taxi Way Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (27/10).

JAKARTA – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi serta delegasi akhirnya menyelesaikan kunjungan kehormatan di Amerika Serikat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News