Dari Holiday Inn, Anggur Merah Meggy Z. Mengalun

Dari Holiday Inn, Anggur Merah Meggy Z. Mengalun
Faisol, sopir taksi di Jeddah, asalnya dari Makassar.
Arab Saudi merupakan salah satu tujuan favorit para pekerja migran Indonesia. Terutama bagi yang muslim. Sambil bekerja, mereka berharap berkesempatan ibadah umrah atau naik haji. Banyak suka-duka yang dialami pahlawan devisa itu selama tinggal di negeri orang. Inilah laporan SAMSUDIN ADLAWI dan ABDUL MUIS.

RINDU mendengar lagu dangdut saat tinggal di Arab Saudi? Gampang, cari sopir taksi berkebangsaan Indonesia. Sebab, di negeri kaya minyak itu, dangdut adalah bagian pencitraan diri, hiburan, sekaligus pengobat rasa kangen mereka selama jauh dari anak-istri.

Faisol, sopir taksi asal Makassar, Sulawesi Selatan, yang ditemui saat mangkal di Hotel Holiday Inn, Jeddah, Arab Saudi, mengaku punya kiat untuk mengobati rasa bosan jika sudah suntuk tinggal di negeri orang. ’’Saya mangkal di hotel-hotel yang sering diinapi jamaah umrah dan haji Indonesia,’’ katanya.

Seperti saat bertemu Jawa Pos, Holiday Inn adalah tempat yang banyak disinggahi jamaah asal tanah air. Selain meraup keuntungan dari mengantar jamaah umrah yang ingin belanja atau sekadar keliling Kota Jeddah, Faisol mengaku punya kepuasan lain. Yakni, bisa bercakap-cakap menggunakan bahasa Indonesia. ’’Rasa kangen kampung halaman dan tanah air langsung sirna,’’ ungkapnya.

Kiat lain untuk membunuh rindu kampung halaman adalah memutar lagu-lagu berbahasa Indonesia. Terutama musik dangdut. Hampir semua taksi yang disopiri TKI selalu menyediakan koleksi CD (compact disc) lagu-lagu penyanyi Indonesia. Itu pula yang Jawa Pos rasakan saat keliling Kota Jeddah.

Sepanjang perjalanan, suara Meggy Z. mendayu-dayu melantukan lagu Anggur Merah yang sudah sangat melegenda itu. Setelah Meggy Z. berlalu, giliran Bang Haji Rhoma Irama dengan orkes Soneta-nya mendendangkan suara emasnya. Secara refleks, Faisol dan kami pun menganggut-anggut mengikuti entakan talu gendang dan raungan melodi personel Soneta.

Arab Saudi merupakan salah satu tujuan favorit para pekerja migran Indonesia. Terutama bagi yang muslim. Sambil bekerja, mereka berharap berkesempatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News