Dari Jakarta ke Brebes Hanya Tiga Kali Bayar Tol

Dari Jakarta ke Brebes Hanya Tiga Kali Bayar Tol
Gerbang Tol Brebes Timur yang diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Foto: Radar Tegal/JPG

jpnn.com - BREBES - Ruas tol Pejagan-Brebes Timur sudah resmi dioperasikan. Jalan baru bagian dari Tol Trans Jawa itu diyakini akan sangat membantu saat musim mudik Lebaran nanti.

Namun demikian, pemerintah tetap berupaya menekan kemacetan di tol saat musim mudik Lebaran adalah menekan kemacetan. Salah satu cara yang ditempuh adalah memangkas jumlah gerbang transaksi tol (barrier gate) sekaligus mengintegrasikan pembayarannya.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, sistem itu sudah mulai diterapkan sejak 13 Juni lalu. Sedangkan barrier gate yang dihilangkan adalah Cikopo di ruas tol Cikopo Palimanan, Plumbon di ruas tol Palimanan-Kanci, serta Mertapada di tol Kanci-Pejagan.

"Intregasi sistem transaksi nantinya akan diiberlakukan ‎di ruas jalan tol lainnya. Ini langkah awal pelaksanaan road map Electronik Toll Collection jalan tol di Indonesia menuju diterapkannya pembayaran tanpa henti beberapa tahun ke depan," ujar Basuki belum lama ini.

Selain itu, kata Basuki, pemerintah juga menggesa pembangunan tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV yang akan melintasi Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang. Hanya saja proses pembangunannya belum dimulai karena masih dalam tahap pembebasan lahan.(muj/zul/jpg/ara/jpnn)

 


BREBES - Ruas tol Pejagan-Brebes Timur sudah resmi dioperasikan. Jalan baru bagian dari Tol Trans Jawa itu diyakini akan sangat membantu saat musim


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News