Dari PKI ke PKI

Dari PKI ke PKI
Ilustrasi. Foto: Istimewa,

jpnn.com - PKI mulanya singkatan dari Perserikatan Komunist di India. Organisasi ini mengubah nama menjadi Partai Komunis Indonesia saat Kongres II di Jakarta, Juni 1924.

-------
Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network
-------

Kongres II PKI dilangsungkan di Gedung Alhambra. Bukan Alhambra, istana dan benteng peninggalan Islam di kota Granada, Spanyol yang sohor itu.

Ini Alhambra Theatre, gedung bioskop sekaligus pertunjukan yang dibangun oleh tiga bersaudara dari keluarga Bin Shahab. Lokasinya di kawasan Sawah Besar. Dekat Jakarta Kota.

"Alhambra ibarat Jakarta Convention Center  zaman sekarang," tulis Kris Biantoro dalam Manisnya Ditolak. "Desain yang megah, elegan dan gagah sekali. Segala bentuk seni biasa dipertontonkan di situ, dari tonil, film, wayang orang, ludruk, sampai wayang klithik," kenangnya.   

Saat kongres PKI II berlangsung, Alhambra bernuansa merah. 

"Dinding-dinding, taplak meja, batikan baju atau dasi para peserta kongres berwarna merah dengan tanda palu arit," tulis Busjarie Latif dari Lembaga Sejarah PKI dalam Manuskrip Sejarah 45 Tahun PKI (1920-1965).

Kongres II PKI, Juni 1924 yang merah meriah itu memutuskan mengubah nama Perserikatan Komunist di India menjadi Partai Komunis Indonesia. 

PKI mulanya singkatan dari Perserikatan Komunist di India. Organisasi ini mengubah nama menjadi Partai Komunis Indonesia saat Kongres II di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News