Yang harus Anda Tahu Soal Sejarah Sarinah, Ternyata Departement Store Pertama

Yang harus Anda Tahu Soal Sejarah Sarinah, Ternyata Departement Store Pertama
Sarinah. FOTO: ist

jpnn.com - PT Sarinah digoncang kabar korupsi. Mantan General Manager Divisi Sistem Manajemen dan Informasi Teknologi PT Sarinah (Persero) melaporkan dugaan korupsi Rp 4,4 miliar ke Kejaksaan Agung.

Namun sayang, orang yang seharusnya dilindungi negara karena berani melaporkan dugaan korupsi malah kena masalah. Diduga laporannya ke kejaksaan agung bocor ke direksi PT Sarinah. Alhasil dia pun dipecat.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya Sarinah adalah BUMN dan merupakan departemen store pertama di Indonesia. 

Saat itu, Presiden Soekarno membangun Sarinah untuk memperkuat ekonomi sosialis. Kini, departement store pertama di Indonesia itu bercorak kapitalis. 

Proyek Sarinah, masuk dalam agenda pembangunan 10 Juli 1959 dan 6 Maret 1962. Anggarannya dari pampasan perang Jepang.

“Banyak sekali kenangan saya di Indonesia. Saya saksikan pembangunan TVRI, Monas, banyak lagi, termasuk Sarinah,” kata Kirishima, orang yang pernah ditugaskan Jepang mengurus harta pampasan perang untuk Indonesia, kepada JPNN.com.

Bung Karno menugaskan R. Soeharto, Menteri Muda Perindustrian Rakyat yang juga dokter pribadinya mewujudkan pembangunan Sarinah. Arsitek yang ditunjuk menanganinya Abel Sorensen dari Denmark.

“Sarinah. Nama itu diambil dari perempuan yang pernah mengasuh Sukarno,” tulis Eka Budianta dalam buku Cakrawala Roosseno.

PT Sarinah digoncang kabar korupsi. Mantan General Manager Divisi Sistem Manajemen dan Informasi Teknologi PT Sarinah (Persero) melaporkan dugaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News