Darsem Pulang, Muhaimin Klaim Keberhasilan Pemerintah

Darsem Pulang, Muhaimin Klaim Keberhasilan Pemerintah
Darsem Pulang, Muhaimin Klaim Keberhasilan Pemerintah
JAKARTA- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menyambut baik kepulangan Darsem, Tenaga Kerja Wanita yang terancam hukuman mati di Arab Saudi. Kepulangan Darsem ini diklaim sebagai salah satu bentuk keberhasilan pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan terkait dengan penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri.

 

"Saya menyambut baik kepulangan Darsem hari ini. Saya langsung intruksikan Kepala BNP2TKI agar benar-benar mengawal kepulangan Darsem mulai dari Jakarta sampai ke kampung halamannya," ungkap Muhaimin di Jakarta, Rabu (13/7).

Muhaimin  mengatakan,  selama ini pemerintah telah berupaya keras dengan melakukan berbagai cara dalam menyelamatkan TKI yang terancam hukuman mati di berbagai negara. "Pada prinsipnya pemerintah berusaha keras dan mengerahkan segala daya upaya untuk menyelamatkan WNI/TKI yang terancam hukuman mati, termasuk dengan membayar tebusan. Namun perludi klarifikasi dulu. Pemerintah akan memprioritaskan terlebih dahulu bagi para TKI yang terzalimi tidak berdaya dan tidak bersalah, itu pasti kita bantu,” kata Muhaimin.

Sedangkan untuk WNI/TKI yang terlibat kriminalitas jual-beli narkoba, Muhaimin mengatakan pemerintah akan tetap berusaha namun belum punya bayangan untuk membantu menyediakan uang tebusan jika diminta untuk membebaskannya. "Yang pasti kita prioritaskan untuk menyelamatkan TKI yang terzalimi tidak berdaya dan tidak bersalah terlebih dahulu. Dananya harus dikombinasikan melalui pos-pos anggaran perlindungan WNI/TKI yang ada lintas kementerian, seperti Kemlu, Menko Kesra dan BNP2TKI," jelasnya.

JAKARTA- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menyambut baik kepulangan Darsem, Tenaga Kerja Wanita yang terancam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News