Data Terbaru Jumlah PNS Indonesia, Jumlah PPPK Sudah Sebegini, Wow

Data Terbaru Jumlah PNS Indonesia, Jumlah PPPK Sudah Sebegini, Wow
BKN merilis data terbaru jumlah PNS dan jumlah PPPK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kedeputian Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN merilis data terbaru jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang meliputi PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) periode Juni - Desember 2021.

Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengungkapkan terjadi penurunan jumlah PNS sebesar 4,1 persen.

Jumlah PNS per Desember 2021 mencapai 3.995.634 oang, turun dibandingkan dengan jumlah PNS tahun 2020 sebanyak 4.168.118.

Dia mengatakan penurunan jumlah PNS aktif disebabkan jumlah PNS yang pensiun setiap tahun lebih banyak dibandingkan dengan penerimaan CPNS pada 2021.

Sementara, untuk jumlah PPPK hingga Desember 2021 mencapai 50.553 orang.

“Sementara jumlah PPPK diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan karena adanya kebijakan rekrutmen PPPK yang cukup signifikan dari tahun ke tahun,” demikian Satya Pratama, dikutip dari situs resmi BKN pada hari ini (7/4).

Jumlah tersebut sesuai dengan target pemerintah yang ingin menerapkan komposisi jumlah PPPK lebih besar dibanding jumlah PNS.

Hingga 2023, pemerintah juga akan menata kembali kebutuhan jenis pekerjaan ASN pada berbagai lini di semua instansi, sehubungan dengan transformasi digital yang sedang berlangsung menuju implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). (sam/jpnn)

Berita P3K: Berikut ini data terbaru BKN tentang jumlah PNS di Indonesia dan jumlah PPPK hingga Desember 2021, simak perinciannya.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News