Datsun Lebih Disukai di Luar Jakarta, Ini Penyebabnya

Datsun Lebih Disukai di Luar Jakarta, Ini Penyebabnya
Foto : Budianto / JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja mengatakan Datsun sudah mencetak total penjualan sebanyak 30.000 unit selama setahun berkiprah di pasar otomotif Indonesia. Dari total penjualan tersebut, daerah yang memiliki kontribusi besar. 

"Sejauh ini kota di luar Jakarta yang memberikan kontribusi besar pada total penjualan Datsun di Indonesia," ujar Indriani di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (13/5). 

Tingginya penjualan Datsun di daerah karena disebabkan beberapa faktor. Yakni selain harganya terjangkau, masyarakat masih menggemari mobil dengan transmisi manual. 

Kondisi jalan yang berat dan perjalanan yang jauh lebih cocok menggunakan mobil transmisi manual. Mobil transmisi matik CVT masih lebih berkembang di perkotaan seperti Jakarta. 

Dari dua produk Datsun di Indonesia yakni GO+ Panca dan GO Panca hanya hanya ada satu pilihan transmisi yakni manual. "Kami kuat di luar Jakarta karena sampai saat ini masih bermain di transmisi manual," tegasnya.

Indriani menambahkan total penjualan Datsun kontribusi terbesar adalah GO+ Panca sebesar 70 persen, selebihnya penjualan dari GO Panca. "Ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia masih gemar mobil Multi Purpose Vehicle (MPV)," ucap Indri.

Masih menurut Indriani bahwa transmisi otomatis komposisi Datsun di pasar otomotif nasional akan berubah menjadi 50 persen di luar Jakarta dan 50 persen di Jakarta. Tidak seperti pada manual yang lebih besar porsinya dibanding Jakarta.

Ia menjelaskan mobil tranmisi manual tidak begitu laku terjual di Jakarta karena kondisi macet. Tapi kalau Datsun mengeluarkan tranmisi matik maka komposisi penjualan akan berubah menjadi 50 persen-50 persen. 

JAKARTA - Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja mengatakan Datsun sudah mencetak total penjualan sebanyak 30.000 unit selama setahun berkiprah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News