DBD Serang 273 Warga, 1 Tewas

DBD Serang 273 Warga, 1 Tewas
DBD Serang 273 Warga, 1 Tewas
BATAM- Datangnya musim hujan langsung disambut merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit yang dibawa nyamuk Aides aegypti itu, kini sudah menyerang sedikitnya 273 warga Batam sejak lima bulan terakhir. Tragisnya, meskipun penyakit musiman ini terjadi setiap tahun, DBD sudah memakan satu korban jiwa.

"Dibanding tahun lalu, tidak banyak yang terjangkit, namun kita perlu waspada karena penyakit ini bisa mengakibatkan kematian bila tidak segera ditangani," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Syamsul Bahrum di Sekupang.

Dia mengatakan, saat musim hujan tiba, warga harus memperhatikan kebersihan. Caranya, harus membersihkan genangan air di setiap sudut dan dalam rumah serta lingkungan, khususnya genangan air yang tidak tersentuh cahaya.  "Kasus ini banyak ditemukan di kawasan padat penduduk di Batam seperti ruli, dan rumah panggung di tepi pantai," ujar Syamsul.

Dia mengatakan, dari 237 kasus yang ditemukan di Batam, satu orang penderita warga Tanjunguma meninggal Mei lalu. DBD merupakan penyakit yang disebabkan virus ditularkan nyamuk Aides aegypti. Kebanyakan korbannya tidak menunjukkan gejala infeksi yang jelas, biasanya hanya mengalami sakit kepala, demam dan nyeri persendian. Bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, maka penyakit ini bisa mengakibatkan kematian.

BATAM- Datangnya musim hujan langsung disambut merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit yang dibawa nyamuk Aides aegypti itu, kini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News