Dear Para Guru Honorer, Silakan Baca Pernyataan dari Puan Maharani

Dear Para Guru Honorer, Silakan Baca Pernyataan dari Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani secara khusus menyoroti nasib guru honorer yang belum mendapatkan perlakuan secara maksimal.

Puan meminta pengangkatan guru honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dapat dioptimalkan di tahun 2023.

“Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang harus kita perhatikan bersama. Dengan diangkatnya para guru honorer menjadi PPPK, ini merupakan langkah maju bagi kesejahteraan mereka,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa.

Hal itu disampaikan Puan terkait peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023.

Dia mengingatkan masih banyak guru honorer yang mendapat upah rendah, khususnya di daerah-daerah.

Padahal, kata Puan, pekerjaan guru di daerah cukup berat dengan tantangan kurangnya tenaga pendidik dan aspek geografis yang tidak mudah.

“Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang mencari pendapatan lebih dengan bekerja serabutan. Hal ini yang harus kita benahi, dengan menjadi ASN atau PPPK, guru akan sejahtera dan memberikan pelayanan terbaik bagi pendidikan negeri,” jelasnya.

Menurut dia, pemenuhan kebutuhan guru masih belum maksimal mengingat guru ASN berstatus PPPK yang telah dan diangkat masih kurang dari 50 persen, dari kebutuhan guru yang mencapai lebih dari 1,2 juta guru.

Ketua DPR Puan Maharani secara khusus menyoroti nasib guru honorer yang belum mendapatkan perlakuan secara maksimal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News