Guru Honorer Riau Turun ke Jalan Pertanyakan Penerimaan PPPK

Guru Honorer Riau Turun ke Jalan Pertanyakan Penerimaan PPPK
Guru honorer yang menggelar aksi demo di depan Kantor Gubernur Riau. Foto:Dokumentasi Fernando.

jpnn.com - Puluhan guru honorer di Riau melakukan unjuk rasa di depan Kantor Gunernur yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru. Mereka meminta kejelasan soal rekrutmen guru PPPK tahun 2022, yang diduga ada kecurangan.

Para guru honorer itu menggelar aksi damai di depan Kantor Gubernur Riau, pada Kamis (27/4) siang.

Massa aksi yang mengenakan baju batik itu meminta Gubernur Riau Syamsuar memberi kejelasan nasib para guru honorer dan PPPK.

Aksi unjuk rasa itu dilakukan karena ada dugaan mall administrasi dalam seleksi guru PPPK.

Seperti penempatan yang tidak sesuai dengan sekolah induk tempat mengajar, mata pelajaran yang berbeda dengan latar belakang pendidikan, serta proses seleksi yang tidak transparan.

Adapun tuntutan para guru honorer itu adalah meeminta Kepala Dinas Pendidikan untuk mengevaluasi kelulusan guru PPPK hasil rekrutmen tahun 2022, dan menunda penerbitan SK sampai adanya kejelasan hukum terkait hasil seleksi PPPK Guru Provinsi Riau Tahun 2022.

Terkait aksi tersebut, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau M Job Kurniawan mengatakan bahwa seleksi PPPK Guru Provinsi Riau 2022 adalah kewenangan pusat.

“Apa yang menjadi tuntutan mereka ya kami terima. Soal penerimaan PPPK itu bukan kewenangan kami. Apabila ada sesuatu yang salah seperti yang disampaikan tentu akan kami periksa dulu,” kata M Job saat dikonfirmasi JPNN.com Jumat (28/4).

Puluhan guru honorer di Riau melakukan unjuk rasa di depan Kantor Gunernur yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News