Debat Bermutu Bisa Tekan Angka Golput

Debat Bermutu Bisa Tekan Angka Golput
Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta baru saja menggelar debat antar-kandidat semalam (13/1). Duet Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki T Purnama-Djarot S Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang menjadi kandidat pilkada DKI beradu gagasan dan saling kritik dalam debat yang dipandu Ira Koesno itu.

Menurut Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz, debat antar-kandidat semalam semakin mengerucutkan pilihan warga DKI.

"Bagi masyarakat Jakarta yang mempunyai hak pilih, proses debat ini semakin memantapkan pilihannya dengan mencatat janji-janji politik yang akan ditagih pada saat pasangan calon terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Jakarta," ujarnya, Sabtu (14/1).

Menurut Hafidz, tingginya antuasisme masyarakat Jakarta terhadap debat semalam juga berpotensi meningkatkan partisipasi pemilih sehingga mengurangi golput. Bagi masyarakat pemilih Jakarta yang belum menentukan pilihan, sambungnya, debat antar-kandidat menjadi informasi tambahan untuk tergerak menggunakan hak pilih mereka pada 15 Februari nanti.

Selain itu, debat cagub DKI semalam juga menjadi pendidikan politik yang baik bagi warga di luar Jakarta. "Bagi masyarakat non pemilih Jakarta, setidaknya ini dapat memberikan pendidikan politik terkait perbedaan pandangan dalam menyelesaikan persoalan," ujar Hafidz.(put/jpg)


Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta baru saja menggelar debat antar-kandidat semalam (13/1). Duet Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki T Purnama-Djarot


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News