Debat Capres tanpa Panelis

Debat Capres tanpa Panelis
Montase: Wahyu/JPNN
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan menggunakan panelis dalam acara debat calon presiden. Sebagai gantinya, debat hanya akan memakai moderator. Dan saat ini KPU sudah mengantongi 10 nama yang akan disaring lagi menjadi 5 orang. Debat capres dan cawapres tersebut rencananya akan disiarkan langsung di televisi.

"Untuk moderator mungkin nanti hanya ada 5 orang. Tiga untuk debat capres,  dan dua untuk debat cawapres," ujar anggota KPU Andi Nurpati di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Senin (18/5). Sayangnya, Andi tidak menyebutkan kesepuluh nama calon moderator tersebut.

Menurut Andi, dari 10 nama itu, nantinya akan disaring lewat pleno. Kriteria calon yang akan menjadi moderator itu harus mendapat persetujuan dari calon presiden dan calon wakil presiden. Selain itu calon moderator tidak menguntungkan atau merugikan calon tertentu.

"Moderator harus profesional yaitu mampu terkait dengan bidang tertentu sesuai dengan topik dan tema yang akan dibawa dalam debat capres-cawapres nanti. Bisa diterima oleh seluruh calon dan tidak berpihak kepada calon manapun" jelas dia.

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan menggunakan panelis dalam acara debat calon presiden. Sebagai gantinya, debat hanya akan memakai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News