Degradasi Moral, Pemimpin Negara Harus Bertanggung Jawab

Degradasi Moral, Pemimpin Negara Harus Bertanggung Jawab
Degradasi Moral, Pemimpin Negara Harus Bertanggung Jawab
JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati mengatakan, dalam perpektif tata negara, bila saat ini terjadi degradasi moral, maka rakyat tak bisa disalahkan. Melainkan menurutnya, pemimpin negara-lah yang harus disalahkan karena tidak dapat menerapkan Pancasila.

"Kalau terjadi degradasi moral, jangan salahkan rakyat. Siapa yang bertanggung jawab? Ya, pemimpin. Bukan hanya Presiden SBY dan wakilnya saja, tetapi seluruh unsur pemimpin di lembaga negara," kata Reni dalam diskusi bertajuk "Pancasila", di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (4/6).

Dikatakan Reni, kurikulum Pancasila di sekolah bukanlah ilmu menghafal, melainkan harus dipelajari dan diterapkan di dalam kehidupan bermasyarakat. Terlebih pula ketika kurikulum Pancasila sudah dihapus dalam kurikulum sekolah.

"Itu sangat kurang di sekolah-sekolah. Pendidikan hanya ilmu hafal, tanpa dia (siswa) mempunyai kesempatan untuk belajar menerapkan Pancasila dalam kehidupannya. Bagaimana (bisa) mencontohkan keteladanan?" ujarnya.

JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati mengatakan, dalam perpektif tata negara, bila saat ini terjadi degradasi moral, maka rakyat tak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News