Dekat dengan Warga Kampung Bayam, Anies: Kuatkan yang Lemah Tanpa Melemahkan yang Kuat

Dekat dengan Warga Kampung Bayam, Anies: Kuatkan yang Lemah Tanpa Melemahkan yang Kuat
Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan memeluk warga Kampung Bayam yang menemuinya di acara Desak Anies di Jakarta Selatan, Kamis (18/1/2024). Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com, JAKARTA - Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan kangen-kangenan dengan warga Kampung Bayam, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang terdampak proyek Jakarta International Stadium (JIS).

Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 itu bertemu dengan warga Kampung Bayam di acara ‘Desak Anies’ yang digelar di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, Kamis (18/1).

Suasana Desak Anies yang biasanya penuh dengan pertanyaan kritis justru berubah menjadi emosional dan mengharukan. Pada persamuhan itu, masyarakat Kampung Bayam mengungkapkan kerinduan dan rasa kehilangan mereka akan sosok Anies.

"Ketika mereka tahu saya ada acara di sana, mereka pada datang dan pada mengungkapkan pada kangen, kehilangan dan emosional karena bagi saya ini sudah seperti saudara saya sendiri," kata Anies kepada wartawan di Kantor Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI).

Menurut Anies, dirinya punya kedekatan emosional dengan warga Kampung Bayam. Oleh karna itu, Anies juga membuatkan hunian untuk warga Kampung Bayam yang terdampak proyek JIS.

"Jadi warga Kampung Bayam itu amat dekat (dengan saya). Kami memang memilih untuk menjalankan prinsip menguatkan yang lemah tanpa melemahkan yang kuat," katanya.

Mantan menteri pendidikan itu menegaskan negara harus memiliki sifat kasih dan sayang kepada masyarakat, terutama rakyat kecil.

Oleh karena itu saat membangun JIS, Anies juga membuatkan rusun untuk warga Kampung Bayam. Namun, warga Kampung Bayam belum memperoleh hak mereka untuk menempati rusun itu.

Suasana Desak Anies yang biasanya penuh dengan pertanyaan kritis justru berubah menjadi emosional dan mengharukan dengan kehadiran warga Kampung Bayam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News