Dekati Negara Kepulauan Pasifik, Indonesia Pakai Strategi Mirip China

Dekati Negara Kepulauan Pasifik, Indonesia Pakai Strategi Mirip China
Menlu RI Retno Marsudi melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare di Honiara pada Rabu (7/9/2022). Foto: ANTARA/HO-Kemlu RI

jpnn.com, JAKARTA - Seperti China, Indonesia juga berkepentingan menjaga hubungan baik dengan negara-negara kepulauan di samudera Pasifik.

Juga mirip China, Indonesia melakukan pendekatan kepada negara-negara kecil tersebut dengan menawarkan berbagai proyek pembangunan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam kunjungannya ke Fiji dan Kepulauan Solomon menyampaikan strategi Indonesia untuk membangun kemitraan dengan kawasan Pasifik secara komprehensif pada tataran bilateral, regional, maupun dalam forum global.

“Saat Presidensi Indonesia di G-20, Indonesia telah memberikan perhatian khusus dengan mengundang wakil-wakil dari negara kepulauan kecil,” kata Retno dalam salinan paparan pers yang dirilis Kemlu RI, Rabu, mengenai kunjungannya ke dua negara Pasifik tersebut pada 6-7 September 2022.

Ia mengatakan sedikitnya ada 10 proyek yang akan menjadi kerja sama konkret yang didorong Indonesia selama Presidensi G20 tahun ini, yaitu di sektor energi, perubahan iklim, kelautan, mitigasi bencana, dan pendanaan yang terkait langsung dengan kepentingan negara kepulauan kecil.

Retno juga menyampaikan rencana Indonesia untuk lebih mendekatkan hubungan ASEAN dengan Pasific Island Forum (PIF) saat Indonesia menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada 2023,

Ketika bertemu dengan PIF di Fiji, Retno menegaskan kembali komitmen Indonesia dan PIF untuk memperkuat kerja sama terutama isu-isu yang terkait dengan kelautan.

“Dan PIF memiliki harapan bahwa Indonesia dapat membawa isu itu sampai, atau terutama untuk mempersiapkan pertemuan COP 27 yang akan diselenggarakan di Mesir,” tutur dia.

Seperti China, Indonesia juga berkepentingan menjaga hubungan baik dengan negara-negara kepulauan di samudera Pasifik

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News