Delapan Rumah Terbakar dalam Sehari

Delapan Rumah Terbakar dalam Sehari
Bangunan rumah warga di Pandeglang rata dengan tanah. Foto: Radar Banten

jpnn.com, PANDEGLANG - Delapan rumah warga di Kabupaten Pandeglang, Banten, hangus terbakar dalam satu hari kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, tetapi kerugian diperkirakan mencapai Rp 290 juta.

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, tujuh rumah di Kampung Cigondang Tengah RT/RW 05/03, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan habis terbakar, Rabu (11/9) sekira pukul 4.30 WIB dengan kerugian mencapai Rp 120 juta. Selain kerugian materil, sebanyak 35 orang tidak memiliki tempat tinggal karena rumah yang mereka tinggali habis terbakar.

Di hari yang sama, musibah kebakaran juga terjadi di Kampung Jungjing RT/RW 03/06 Kelurahan Pagerbatu, Kecamatan Majasari sekira pukul 12.35 WIB. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 170 juta karena rumah dan tiga sepeda motor hangus terbakar.

Umyanah (45), salah seorang korban asal Kampung Cigondang Tengah, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan mengatakan, kejadian kebakaran itu diketahui setelah melihat kepulan asap di dalam rumah.

“Waktu itu saya langsung lari keluar dan teriak minta tolong. Warga kemudian datang dan membantu memadamkan api, tetapi karena apinya terlalu besar maka sulit dipadamkan,” katanya, Rabu (11/9).

Umyanah tidak mengetahui penyebab kebakaran yang menghanguskan tujuh rumah tersebut. Soalnya, kata dia, di sekitar lokasi kejadian, tidak ada sisa api bekas membakar sampah.

“Enggak tahu kalau penyebabnya itu apa. Tetapi kami harapkan ada bantuan, karena rumah dan harta benda kami semuanya habis terbakar, kami juga bingung mau tinggal di mana untuk sekarang,” katanya.

Kepala Seksi Kedaruratan, Damkar, dan Logistik BPBD Kabupaten Pandeglang Endan Permana mengaku, setelah mendapatkan laporan kebakaran, pihaknya langsung menerjunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dibantu satu mobil damkar dari PLTU Labuan menuju lokasi kejadian.

Tujuh rumah di Kampung Cigondang Tengah RT/RW 05/03, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, dan satu rumah di Kampung Jungjing RT/RW 03/06 Kelurahan Pagerbatu, Kecamatan Majasari hangus terbakar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News