Delay Pesawat Diprediksi Sering Terjadi

Delay Pesawat Diprediksi Sering Terjadi
Pesawat AirAsia. ILUSTRASI. Foto: Dok. Tomy C. Gutomo/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Kemungkinan sering delay pesawat terbang akan terjadi hingga beberapa hari ke depan. Ini sebagai dampak curah hujan tinggi di Februari.

”Pada bulan Februari merupakan puncak musim hujan dimana mayoritas wilayah Indonesia akan diguyur hujan yang cukup lebat dan biasanya disertai perubahan cuaca yang ekstrim. Untuk itu saya ingatkan stakeholder penerbangan untuk waspada untuk menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan,” kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso.

Jika curah hujan tinggi akan mempengaruhi penerbangan pesawat. Misalnya saja jarak pandang jadi terganggu atau runway tergenang sehingga dikhawatirkan tidak aman untuk mendarat maupun take off.

”Tidak berani mengambil risiko,” ucapnya. Dia pun menyarankan agar seluruh yang terlibat dalam dunia penerbangan mematuhi Surat Edaran Keselamatan bernomor SE 16 tahun 2017.

Kepada semua maskapai penerbangan Agus memerintahkan agar pilot in command (PIC) harus memastikan tercukupnya panjang landasan. Terutama jika ada genangan. Sebab akan mempengaruhi efektifitas pengereman.

”Harus dipastikan juga seluruh yang terlibat dalam penerbangan memperoleh data meteorologi trbaru dalam menyiapkan flight plan,” ungkapnya.

Sementara itu jika terdapat keterlambatan dalam penerbangan, Agus mengharuskan agar petugas setiap maskapai menjelaskan penyebabnya.

Hal ini untuk membuat pengertian terhadap penumpang. ”Dijelaskan detail untuk memberi tahu, bukan menakut-nakuti,” terangnya.

Curah hujan tinggi di Februari 2018 akan berdampak pada penerbangan, sehingga diprediksi delay pesawat bakal sering terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News