Delegasi Youth Dialogue SAYEF Kunjungi Desa Energi Berdikari Pertamina

Delegasi Youth Dialogue SAYEF Kunjungi Desa Energi Berdikari Pertamina
Delegasi Youth Dialogue Southeast Asia Youth Energy Forum (SAYEF) 2023 mengunjungi desa berbasis energi terbarukan (ET). Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Delegasi Youth Dialogue Southeast Asia Youth Energy Forum (SAYEF) 2023 mengunjungi desa berbasis energi terbarukan (ET) di Desa Keliki, Ubud, Gianyar, Bali.

Para delegasi muda melihat langsung implementasi energi terbarukan yang merupakan program inisiasi Pertamina di tempat pengelolaan sampah dengan pola reduce, reuse, and recycle (TPS3R) berbasis energi terbarukan bertenaga surya dengan kapasitas 10 kWp.

Lokasi tersebut memiliki listrik dari energi bersih digunakan untuk mengoperasikan seluruh peralatan di lokasi tersebut.

Delegasi juga melihat pompa air bertenaga surya berkapasitas 2,5 kWp yang mengalirkan air ke sawah-sawah petani setempat.

Selain ramah lingkungan, pompa surya juga menjadi solusi permasalahan kekurangan air irigasi.

“Total kapasitas energi yang terpasang di Desa Energi Berdikari Keliki ini ada 28 kWp, di mana dari energi yang dihasilkan ini berdampak positif bagi Masyarakat di Desa Keliki, dampak positif bukan hanya dalam kemandirian energi, tetapi pengembangan perekonomian juga dijalankan, selain itu dampak lingkungan lainnya yang dihasilkan yaitu membantu dalam mendukung pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) dengan menyumbangkan reduksi emisi karbon sebesar 36 Ton Co2 eq/ tahun," ujar Fadjar Djoko Santoso, VP Corporate Communication Pertamina

I Wayan Wita, perbekel Desa Keliki, mengungkapkan pompa air tenaga surya memberi manfaat bagi petani dalam bercocok tanam, terutama di hilir dalam menghadapi musim kering.

Selain irigasi, air dari pompa tersebut juga dimanfaatkan untuk minum warga.

Delegasi Youth Dialogue Southeast Asia Youth Energy Forum (SAYEF) 2023 mengunjungi desa berbasis energi terbarukan (ET).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News