Demi Capai 12 Juta Pengunjung Menpar Jajaki E-Commerce Alibaba

Demi Capai 12 Juta Pengunjung Menpar Jajaki E-Commerce Alibaba
Ilustrasi Alibaba. Foto: BBC

jpnn.com - JAKARTA – Kemenpar terus menjajaki semua platform online untuk menajamkan promosi Wonderful Indonesia hingga ke level sales. Bukan hanya bermain di mesin pencari atau searching engine, seperti Baidu atau Google. Tetapi sampai landing ke tahap booking dan payment yang konkret. 

“Bahasa jelasnya, kami ingin program digital marketing yang konkret, dengan angka yang jelas untuk mengejar target kunjungan 12 juta di 2016 ini,” ujar Menpar Arief Yahya, saat menerima James van Zorge, Alibaba.Com Group di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, (22/4).

Mantan Dirut PT Telkom ini memang banyak menyentuh market Tiongkok dengan online platform yang sudah memiliki nama besar. Alibaba Group adalah e-commerce yang paling besar, dengan market share hampir 75 persen di Negeri Tiongkok. 

Trend belanja barang maupun jasa di negeri berjuluk Tirai Bambu itu pun sudah mulai bergeser. Tidak lagi dominan dengan cara tradisional, datang ke toko atau supermarket lagi. Termasuk system pembayaran, atau payment-nya, juga sudah jauh meninggalkan pola cash money. 

“Perubahan lifestyle ini tidak bisa dibendung lagi. Belanja Online jauh lebih murah, lebih mudah, lebih simple, dan sampai pada delivery service,” ujar Arief Yahya.

“Di China, untuk look, atau searching, orang sudah familiar memilih, mencari dan menentukan destinasi leisure, melalui online media. Persentasenya hampir 70 persen! Mesin pencari yang terbesar di China adalah Baidu, semacam Google-nya Tiongkok.

Kemenpar sudah bekerjasama dengan Baidu, sehingga dengan beberapa key word, pengguna jasa internet sudah langsung disuguhi gambar, paket-paket wisata, lengkap dengan harga dan teknis pembayaran,” kata Marketeer of the Year 2013 ini.

Baidu sendiri sudah joint dengan Ctrip, online travel agent (OTA) yang juga terbesar di China, dengan market share hampir 70 persen, persisnya 68,9%. Ketika orang searching dan sudah menemukan lokasi yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah book dan pay. Di sinilah peran CTrip, sebagai travel agent dan travel operator yang mengemas paket-paket wisata sampai pembayaran. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News