Demi MeeGo, AMD-Intel Bergabung

Demi MeeGo, AMD-Intel Bergabung
Demi MeeGo, AMD-Intel Bergabung
HELSINKI - Produsen prosesor terbesar kedua di dunia, Advance Micro Devices (AMD) mengambil keputusan kontroversial dengan ikut bergabung dalam proyek pengembangan sistem operasi terbuka (open source) MeeGo, bersama rival utamanya Intel dan produsen ponsel Nokia. Diperkirakan, keputusan ini diambil karena AMD tengah mencari celah agar bisa masuk pasar perangkat mobile yang kini berkembang pesat.

Ben Bar-Haim, wakil presiden pengembangan perangkat lunak AMD seperti dikutip dari TechRadar, Senin (15/11), mengaku terus terang, dalam proyek MeeGo perusahaannya berbagi tugas dengan Intel. AMD sepakat mengembangkan bagian Accelerated Procesing Unit sedangkan Intel bagian utamanya yakni Central Processing Unit.

Awal tahun ini, Intel dan AMD mengumumkan kerjasama pengembangan MeeGo. Software ini merupakan gabungan Nokia Maemo dan Intel Moblin, dimana keduanya sama-sama berbasis open source Linux. Berbeda dengan Android yang dikembangkan Google yang lebih terfokus pada penggunaan di perangkat ponsel pintar, maka MeeGo lebih luas. Tak hanya smartphone, perangkat lunak ini bisa juga dibenamkan pada netbook, PC tablet, dan perangkat hiburan kendaraan. (pra/jpnn)


HELSINKI - Produsen prosesor terbesar kedua di dunia, Advance Micro Devices (AMD) mengambil keputusan kontroversial dengan ikut bergabung dalam proyek


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News