Demi Wujudkan Tol Laut, Sinergi Antar Pemangku Kepentingan Harus Terjalin

Demi Wujudkan Tol Laut, Sinergi Antar Pemangku Kepentingan Harus Terjalin
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Tonny Budiono, menyampaikan dalam mewujudkan serta menyukseskan Program Tol Laut, sinergi antar pemangku kepentingan mutlak diperlukan.

“Angkutan laut dan penyeberangan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistim transportasi nasional negara, yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia," ujar Tonny dalam siaran persnya, Sabtu (13/8).

Angkutan penyeberangan, sambung Tonny, bisa menjawab tantangan ini dengan kemampuannya mengangkut penumpang dan kendaraan dalam jumlah besar serta tarif yang terjangkau.

Tonny menegaskan, satu hal yang tidak bisa ditawar dalam penyelenggaraan angkutan laut dan penyeberangan adalah pemenuhan aspek keselamatan, yang merupakan salah satu prioritas kebijakan pemerintah di bidang transportasi.

"Untuk itu, perlu disadari oleh seluruh pihak terkait, baik regulator, operator maupun masyarakat pengguna jasa bahwa keselamatan pelayaran merupakan kebutuhan mutlak dan tanggung jawab bersama," ucapnya.

Karena itu, peranan instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat tidak bisa dipisahkan. (chi/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News