Demo Bentrok, Pendukung Prabowo Lapor ke Komnas HAM

Demo Bentrok, Pendukung Prabowo Lapor ke Komnas HAM
Demo Bentrok, Pendukung Prabowo Lapor ke Komnas HAM

jpnn.com - JAKARTA - Kekerasan dalam aksi unjuk rasa pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di depan KPUD Jawa Timur (Jatim) dilaporkan ke Komnas HAM. Laporan dilayangkan oleh Ketua DPD Gerindra Jatim, Supriyanto.

Supriyanto mempersoalkan pengeroyokokan terhadap salah seorang pengunjuk rasa yakni Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Tunas Indonesia Raya Jatim, Marsekan Ibrahim. Akibat pengeroyokan yang dilakukan aparat kepolisian, Marsekan mendapat 12 jahitan di bagian kepala dan dahi dengan kedalaman 3,5 cm.

"Kami melaporkan hari ini ke Komnas HAM karena telah melanggar hak kami sebagai warga yang ingin menyuarakan pendapat kami. Dan kami juga akan melaporkan hal ini ke Kompolnas," kata Supriyanto dalam keterangan persnya, Kamis (14/8).

Supriyanto lantas menjelaskan kronologis pengeroyokan yang dialami oleh Marsekan Ibrahim oleh puluhan aparat kepolisian Jatim. Kejadian terjadi pada tanggal 6 Agustus 2014 sekitar pukul 10.30.

Saat itu Supriyanto dan ratusan massa pendukung Prabowo-Hatta mendatangi KPUD Jatim untuk melakukan unjuk rasa damai. Ia mengaku sudah meminta izin kepada pihak kepolisian Jatim atas aksi demonstrasi kelompoknya.

Namun belum sampai di depan KPUD, kelompok Supriyanto dihadang oleh ribuan polisi yang melakukan penjagaan dan meminta agar unjuk rasa dilakukan dari jarak 600 meter di depan KPUD Jatim.

"Kami kan izinnya di depan KPUD Jatim bukan jauh dari KPUD, kemudian kami menanyakan hal ini ke Wakapotabes Surabaya namun hasilnya nihil selama tiga kali diskusi. Ini artinya, apakah kami disuruh demo jauh dan dibentrokan ke masyarakat supaya Prabowo-Hatta dicap jelek oleh masyarakat?" papar Supriyanto yang menjadi koordinator lapangan saat unjuk rasa.

Karena kesal, massa pendukung Prabowo-Hatta lantas menabrakan mobil komando ke kawat berduri yang ditaruh di sepanjang halaman KPUD Jatim. Setelahnya, aparat kepolisian menyemprotkan water canon ke arah massa demonstran.

JAKARTA - Kekerasan dalam aksi unjuk rasa pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di depan KPUD Jawa Timur (Jatim) dilaporkan ke Komnas HAM. Laporan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News