Demokrat Dorong DPR Bentuk Pansus Tenaga Kerja Asing

Demokrat Dorong DPR Bentuk Pansus Tenaga Kerja Asing
Tenaga kerja asal Tiongkok. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR Dede Macan Yusuf sepakat bila persoalan tenaga kerja asing (TKA) diselesaikan dalam forum pembahasan yang lebih luas, yakni panitia khusus (pansus) DPR. Baik itu untuk masalah TKA legal maupun ilegal.

Ini disampaikan Dede menjawab JPNN.com, melalui sambungan telepon pada Senin (19/12). 

DPR, katanya, sudah merampungkan pembahasan TKA melalui Panitia Kerja (Panja) Komisi IX, namun belum bisa menyentuh persoalan secara luas.

Dalam rekomendasinya, panja meminta pemerintah membentuk satuan tugas (task force) untuk mengawasi TKA di seluruh tanah air. Kemudian, kebijakan bebas visa harus diveluasi. 

"Nah, saya pikir karena sudah lintas komisi, ada di I, III, X, IX, maka saya pikir harus Pansus. Saya akan coba melobi kawan-kawan komisi lain untuk mendorong ini jadi pansus (TKA)," kata Dede.

Apalagi, politikus Partai Demokrat ini berpandangan bahwa dampak dari kebijakan bebas visa harus ditangani secara serius oleh lintas kementerian yang bermitra dengan sejumlah komisi di DPR. 

Sehingga pansus diharapkan mampu mengurai akar permasalahannya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR Dede Macan Yusuf sepakat bila persoalan tenaga kerja asing (TKA) diselesaikan dalam forum pembahasan yang lebih luas,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News