Demokrat Jamin RUU Pertanahan Berpihak kepada Petani

Demokrat Jamin RUU Pertanahan Berpihak kepada Petani
Wakil Ketua Komisi II DPR Herman Khaeron saat diskusi bertajuk "Tarik Ulur RUU Pertanahan" di Media Center Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/7). Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang (Panja RUU) Pertanahan DPR Herman Khaeron membantah aturan ini belum terlalu kuat membela kepentingan petani, terutama buruh tani yang tidak memiliki tanah.

Politikus Partai Demokrat itu menyatakan bahwa RUU ini secara khusus memberi perhatian atas ketersediaan tanah untuk pertanian, reforma agraria, tanah objek reforma agraria (TORA) dan redistribusi tanah melalu keberadaan bank tanah.

"Serta pendaftaran tanah untuk masyarakat yang tidak mampu," tegas Herman, Minggu (28/7).

BACA JUGA: Kang Herman Optimistis RUU Pertanahan Segera Tuntas untuk Keadilan Masyarakat

Dia menilai pihak yang menyebut RUU ini belum membela kepentingan petani, dan minimnya pengaturan agraria, tidak memahami secara utuh aturan tersebut. "Mungkin belum mengetahui secara utuh," tegas Herman.

Wakil ketua Komisi II DPR itu memastikan pihaknya sangat terbuka kalau ada masukan dan usulan dari masyarakat, yang bertujuan menyempurnakan RUU Pertanahan tersebut. "Jika jika masih ada usulan untuk menyempurnakan silakan kirim ke Komisi II DPR atau ke pemerintah cq Kementerian ATR/BPN," ungkap Herman lagi. (boy/jpnn)


Panja RUU Pertanahan DPR Herman Khaeron membantah aturan ini belum terlalu kuat membela kepentingan petani, terutama buruh tani yang tidak memiliki tanah


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News